Langsung ke konten utama

Kumpulan Doa Sehari-hari Seputar Ibadah Solat


Solat merupakan ibadah yang tidak lepas dari keseharian setiap muslim. Diantara solat tersebut ada doa-doa yang disunnahkan untuk dilafalkan. Berikut kami rangkum doa-doa seputar ibadah solat yang bisa Anda baca beserta artinya.


 1.  Do'a Sesudah Wudhu


Artinya : "Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlan aku orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang shaleh"

2. Do'a Setelah Mendengar Adzan





Artinya : "Yaa Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan"(H.R. Muslim, Abu Daud dan Ibnu Majah).

3. Do'a Sebelum Shalat


Artinya :  "Yaa, Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan dan aku berlindung kepada-Mu dari kedatangan mereka."

4. Do’a Sesudah Shalat

1. Membaca Istighfar 3 (tiga) kali:


Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, Maha Hidup, Maha Kuasa, dan kepada-Nya aku bertaubat.”

2. Membaca Tahlil 10 (sepuluh) kali:



Artinya : “Tiada tuhan selain Allah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya miliknya kerajaan dan pujian, (Ia) pula yang menghidupkan dan mematikan. Dan Dia Maha kuasa atas segala sesuatu.”

3. Mohon perlindungan dari api neraka, 3 (tiga) kali:


Artinya : “Ya allah, jauhkan kami dari api neraka.”

4. Mohon Keselamatan: 



Artinya: "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari pada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan." 


5. Do’a berserah kepada Allah: 



Artinya : “Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau cegah, dan tidak ada yang bisa menolak ketetapanmu. Tidak berguna kekayaan dan kemulian itu bagi pemiliknya. Hanya dari-Mu kekayaan dan kemulian.“


6. Mohon pertolongan supaya menjadi hamba yang bersyukur: 



Artinya : “Ya Allah...Bantulah aku untuk senantiasa berdzikir dan bersyukur kepada-Mu, serta selalu beribadah dengan baik kepadamu.”


7. Kemudian berdzikir di bawah ini: 

Artinya : “Maha Suci Allah.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah.”


Artinya : “Allah Maha Besar.” 


5. Do’a Setelah Shalat Dhuha






Artinya : “Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh."

6. Do’a Setelah Shalat Istikharah



Artinya : “Ya Allah. Sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu dan aku memohon kekuatan kepada-Mu dengan kuasamu, serta aku memohon keutamaanmu yang besar karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa dan aku tidak kuasa, Engkau Maha Mengetahui dan aku tidak tahu dan Engkau Maha Mengetahui masalah-masalah ghaib. Ya Allah, jika Engkau tahu bahwa masalah ini .... baik bagiku untuk dunia, agama, akhiratku serta akibat dari masalah ini cepat atau lambat maka berilah kemampuan kepadaku untuk menggapainya dan mudahkanlah bagiku serta berkatilah aku dalam masalah itu. Tetapi jika itu ternyata tidak baik bagiku maka hindarkanlah aku darinya serta berilah kemudahan kepadaku untuk menggapai yang terbaik sebagaimana yang Engkau kehendaki dan ridha atas keputusan-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih."

7. Do’a Setelah Shalat Tahajud



Artinya : “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimu segala puji, Engkau Raja Penguasa langit dan bumi dan segala isinya, bagi-Mu segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu segala puji, Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu adalah hak dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu adalah benar, dan nabi Muhammad SAW adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah, kepada-Mu lah aku berserah diri, kepada engkau aku beriman, dan kepada Engkau aku bertawakal, kepada Engkau jualah aku kembali dan kepada-Mu lah aku rindu, dan kepada Engkau lah aku berhukum. Ampunilah aku atas kesalahan yang telah aku lakukan dan yang sebelumnya, baik yang aku sembunyikan maupun yang aku nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tiada Tuhan melainkan Engkau dan Tiada Tuhan selain-Mu, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah."

Demikian kumpulan doa seputar ibadah solat yang bisa Anda baca beserta artinya. Semoga bisa bermanfaat dan melengkapi referensi doa Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Sholat Dhuha yang Biasanya Dilafalkan Seorang Muslim

Doa sholat dhuha yang biasanya dilafalkan seorang muslim akan kami sajikan dalam artikel ini. Sholat dhuha merupakan sholat sunat yang dikerjakan di pagi hari.  Jumlah rakaatnya adalah dua rakaat. Namun lebih baik lagi jika dilakukan dalam empat rakaat, enam rakaat, atau delapan rakaat. Waktu sholat dhuha kira-kira dari matahari sedang naik sekitar pukul tujuh pagi sampai masuk waktu zhuhur. Bacaan surat dalam sholat dhuha pada rakaat pertama adalah surat Asy Syam. Pada rakaat kedua adalah surat Adh-dhuha. Niat sholat dhuha Niat sholat dhuha adalah sebagai berikut: اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى "Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa." Artinya: Aku niat shalat sunat dhuha dua raka'at, karena Allah ta'ala.   Tata cara sholat dhuha Tata cara sholat dhuha sama dengan sholat pada umumnya. Kemudian setelah sholat dhuha membaca doa.   Doa sholat dhuha yang dibaca setelah

Do'a Sehari-hari Seorang Muslim Agar Hidup Semakin Berkah

Dalam menjalani hari-harinya, setiap muslim tidak lepas dari kegiatan berdoa. Dari bangun tidur hingga beranjak tidur ada berbagai doa baik yang berasal dari kitab suci Al-Qur'an maupun dari Hadist. Dengan doa-doa tersebut diharapkan seorang muslim dapat menjalani hari-harinya dengan penuh berkah. Jika seorang muslim menginginkan sesuatu, berdoa meminta kepada Allah dengan bersungguh-sungguh maka Allah akan mengabulkannya. Dalam berdoa kepada Allah hendaknya seorang muslim, a. Menghadap kiblat b. Membaca pujian atau hamdalah, istighfar, dan sholawat c. Dengan suara lembut diikuti rasa takut dan harapan d. Yakin akan dipenuhi Berikut kami rangkum kumpulan doa sehari-hari beserta artinya. Do'a - do'a ini kami kumpulkan berdasarkan kejadian yang kita alami sejak bangun tidur pada pagi hari sampai tidur kembali pada malam harinya.  1. Do'a Ketika Bangun Tidur Artinya: "Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati/tidur kami, dan kepada-Nya kami kembali&qu

Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap Beserta Terjemahannya

  Seperti yang kita tahu, berdoa ialah aktivitas wajib yang dilakukan oleh tiap umat beragama. Termasuk umat muslim, aktivitas berdoa umumnya dilakukan 5 waktu dalam satu hari, ialah dikala melakukan sholat fardhu. Tidak hanya teks doa serta pesan wajib dalam sholat, berdoa pula bisa dilakukan sehabis selesai menunaikan sholat. Umumnya doa setelah sholat fardhu dilakukan dengan berdzikir, ialah mengucapkan istighfar serta menyanjung Allah. Ini tidak lain bisa bermanfaat selaku amalan penghapus dosa serta permohonan ampunan serta proteksi dari Allah. Tidak hanya itu, doa setelah sholat fardhu pula diisi dengan teks tasbih, tahmid, serta takbir, sampai teks surat- surat pendek, serta doa spesial yang lain. Bila mempunyai waktu luang yang lebih banyak, pasti disarankan untuk membaca doa setelah sholat dengan lengkap. Walaupun hukumnya sunah, tetapi ini dapat jadi amalan yang bisa perbanyak pahala kebaikan. Tetapi bila Kamu dalam waktu yang terbatas, ada sebagian teks doa setelah sholat fa